Berita

Balai Laboratorium Lingkungan DLHK DIY Laksanakan Audit Internal

Jul

16

Balai Laboratorium Lingkungan DLHK DIY Laksanakan Audit Internal

Balai Laboratorium Lingkungan DLHK DIY Laksanakan Audit Internal

Rabu 15 Juli 2020, Balai Laboratorium Lingkungan DLHK DIY telah menyelenggarakan Audit Internal ISO/IEC 17025 : 2017 pada tanggal 13 sd 14 Juli 2020, acara dibuka oleh Kepala Balai Laboratorium Lingkungan DLHK Ir. Reni Anggraeni, MSc. yang sekaligus memberikan arahan tentang pelaksanaan kegiatan. Sebagai salah satu fungsi penilaian independen yang dilakukan dalam suatu organisasi, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Audit Internal ini merupakan salah satu persyaratan kompetensi laboratorium penguji yang wajib dilaksanakan minimal 1 tahun sekali, selain kaji ulang manajemen dan uji profisiensi.

 

Audit internal adalah suatu fungsi penilaian independen yang dibuat dalam suatu organisasi dengan tujuan menguji dan mengevaluasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan organisasi.

 

Tujuan dilakukannya Audit Internal ini  adalah untuk megidentifikasikan ketidaksesuaian yang mungkin terjadi dalam penerapan sistem manajemen mutu  ISO/IEC 17025 : 2017 sehingga dapat dilakukan perbaikan.

Ruang lingkup Audit Internal yang dilaksanakan meliputi 2 (dua) bidang yaitu persyaratan manajemen dan persyaratan tekinis dengan tahapan pelaksanaan sebagai berikut :

-     Memeriksa semua dokumen berdasarkan ISO/IEC 17025 : 2017

-     Mengidentifikasi kekurangan dokumen dan membagi pekerjaan sesuai dengan pembagian tugas dan tanggung jawab

-     Menyusun kekurangan dokumen yang belum lengkap

-     Membuat perbaikan dokumen sesuai temuan audit internal

 



Pelaksanaan audit dilaksanakan secara internal dan dilakukan oleh petugas secara silang, dimana staf yang mempunyai ketugasan pada sistem manajemen melakukan audit untuk petugas pengujian dan sebaliknya. Mengingat keberadaan Balai Laboratorium Lingkungan yang baru berjalan 1,5 tahun ini dan keterbatasan sumber daya manusia yang mempunyai sertifikat audit maka kegiatan ini dilaksanakan di bawah pengawasan narasumber dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY yaitu Ibu Indah Nur Haeni, S.Si. ,M.Sc untuk pengawasan audit sistem manajemen dan Ibu Ery Faryanti, S.Si untuk pengawasan audit teknis pengujian.

 

Berdasarkan hasil dari audit terdapat beberapa temuan ketidaksesuaian yang harus segera ditindaklanjuti dengan membagi tugas kepada penanggung jawab masing-masing kegiatan baik bidang manajemen maupun bidang teknis dan telah disepakati paling lambat 1 (satu) bulan sejak pelaksanaan audit diserahkan ke auditor.

Harapan kedepan terhadap kegiatan audit inernal ini adalah ketidaksesuaian yang ditemukan diharapkan tidak akan terulang lagi setelah perbaikan dan Balai Laboratorium Lingkungan DLHK DIY dapat meningkatkan efektifitas kinerja manajemen melalui proses manajemen resiko, pengendalian, dan tata kelola.