Berita

DLHK DIY : Peringkat II LKKL 2019 Award Kategori Satker Kecil

Jul

16

DLHK DIY : Peringkat II LKKL 2019 Award Kategori Satker Kecil

DLHK DIY : Peringkat II LKKL 2019 Award Kategori Satker Kecil

    Pada tanggal 15 Juli 2020, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY menerima Penghargaan LKKL 2019 Award Peringkat II Kategori 1 – 3 Satuan Kerja. Pengumuman penerima penghargaan disampaikan melalui zoom cloud meeting yang diselenggarakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY.

     

    Penerima penghargaan LKKL Award merupakan satuan kerja yang ditunjuk sebagai UAPPA-W atas penyusunan laporan keuangan tingkat UAPPA-W tahun 2019. Laporan keuangan tersebut menjadi tolok ukur penilaian dengan mempertimbangkan ketepatan waktu dan kelengkapan laporan, kualitas laporan (terdiri dari hasil rekon, LRA, LO, LPE, neraca, CaLK), serta beban kerja. Beban kerja inilah yang membedakan hasil penilaian LKKL Award menjadi 3 kategori yaitu : UAPPA-W dengan 1-3 satuan kerja (satker kecil), UAPPA-W dengan 4-6 satuan kerja (satker sedang), dan UAPPA-W dengan jumlah satuan kerja lebih dari 6 (satker besar).

     

    Penyerahan LKKL Award diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk komitmen yang tinggi untuk mewujudkan laporan keuangan yang berkualitas, dengan harapan laporan keuangan UAKBUN Daerah, UAKKBUN Wilayah dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2020 memperoleh opinsi terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

     

    Berikut rincian penerima LKKL 2019 Award :

    Kategori 1-3 satker :  

    ·         Peringkat I Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta

    ·         Peringkat II Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY

    ·         Peringkat III Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Yogyakarta

    Kategori 4-6 satkerj :  

    ·         Peringkat I Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak

    ·         Peringkat II Kanwil Kementerian Agama DIY

    ·         Peringkat III Kanwil Kementerian Agama Yogyakarta

    Kategori lebih dari 6 satker :  

    ·         Peringkat I Polda DIY

    ·         Peringkat II Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Yogyakarta

    ·         Peringkat III Kanwil Badan Pertanahan Nasional DIY

     

    Meski pada tahun 2020 ini Dinas Lingkungan HIdup dan Kehutanan DIY tidak menerima dana DIPA dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada akhir tahun 2019 pelaksana tidak kendor dalam menuntaskan kewajiban menyusun laporan keuangan yang handal (antara lain akuntabel dan transparan).

     

    Dengan diperolehnya penghargaan LKKL 2019 Award tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY (dalam catatan Kementerian Keuangan masih bernama Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY) telah 2 (dua) kali menorehkan prestasi sebagai penerima LKKL Award.

    Semoga prestasi ini dapat menjadi semangat bagi pelaksana di kemudian hari untuk meneruskan kiprah satuan kerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY di tingkat Kanwil DJPb Provinsi DIY


    Penulis : Eka Yuliana, A.Md