Berita

Gelar Simulasi, Kalibiru Siap Uji Coba Terima Kunjungan Wisata

Jun

30

Gelar Simulasi, Kalibiru Siap Uji Coba Terima Kunjungan Wisata

Gelar Simulasi, Kalibiru Siap Uji Coba Terima Kunjungan Wisata

Pengelola Kawasan Wisata Alam Kalibiru melakukan simulasi dalam rangka persiapan dibukanya kembali aktivitas wisata. Simulasi telah dilaksanakan pada hari Senin, 29 Juni 2020 dengan melibatkan beberapa stakeholders terkait. Dalam kesempatan ini, Sudadi selaku ketua pengelola objek wisata Kalibiru menyatakan kesiapannya untuk beroperasi kembali secara bertahap hingga nantinya akan dibuka normal kembali. Aktivitas wisata di Kalibiru sendiri sudah terhenti selama kurang lebih 3 bulan.

Protokol kesehatan yang ketat tentu saja menjadi hal yang mutlak dilakukan menjelang dibukanya kembali aktivitas wisata di Kalibiru. Beberapa hal yang akan dilakukan oleh pengelola antara lain dengan pembatasan jumlah pengunjung dan jam kunjungan, mewajibkan seluruh pengunjung memakai masker selama berada di dalam kawasan wisata, pengecekan suhu pengunjung, serta penyemprotan disinfektan secara berkala ke barang-barang yang sering tersentuh oleh pengunjung. Selain itu beberapa sarana dan prasarana juga telah disiapkan oleh pengelola seperti memperbanyak sarana cuci tangan, penyediaan pos kesehatan, serta penyediaan APD lengkap jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Seperti diketahui bahwa Kawasan Wisata Alam Kalibiru dikelola oleh Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Mandiri.  Kelompok HKm Mandiri sendiri adalah kelompok tani binaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY. (wpa)