Berita

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020, It's Time for Nature

Jun

05

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020, It's Time for Nature

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020, It's Time for Nature

Indonesia menyandang predikat sebagai mega biodiversity country karena menjadi rumah bagi sejumlah besar spesies flora dan fauna yang kaya akan sumber daya genetik dengan tipe ekosistem melimpah. Keanekaragaman hayati mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia mulai dari penyediaan makanan, air, udara, hingga ke mitigasi perubahan iklim. Merubah atau menghilangkan salah satu komponen dari jaringan keanekaragaman hayati akan menyebabkan perubahan seluruh sistem, bahkan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia.

Hari ini, selayaknya menjadi momentum untuk melakukan sebuah refleksi terhadap perlakuan kita kepada lingkungan selama ini. Pandemi Covid-19 telah memaksa dunia untuk menghentikan sebagian besar aktivitasnya. Berkurangnya campur tangan manusia terhadap lingkungan hidup ini membuat alam memperbaiki dirinya sendiri. Udara di perkotaan menjadi bersih, kualitas air di sekitaran industri pun ikut membaik.

Ke depannya kita harus terus menjaga agar hubungan antara manusia dengan alam tetap seimbang. Mari sejenak luangkan waktu untuk berinteraksi dengan alam, mengenali, dan menikmati keindahannya agar muncul sense of belonging yang lebih tinggi sehingga dapat menggerakkan keinginan untuk melindungi bumi dan seluruh keanekaragaman hayati di dalamnya.

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia. It’s time for nature.