Artikel

KTH Ngudi Rukun Berbenah Menyambut Wisatawan Domestik

May

07

KTH Ngudi Rukun Berbenah Menyambut Wisatawan Domestik

KTH Ngudi Rukun Berbenah Menyambut Wisatawan Domestik

KTH Ngudi Rukun adalah Kelompok Tani Hutan yang diberi kepercayaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Balai Taman Hutan Raya Bunder untuk dapat mengelola lahan melalui usaha pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam pada Hutan Lindung secara lestari dan berkelanjutan di Blok Dodogan wilayah kerja Balai Tahura Bunder. Seperti tertuang dalam Dokumen Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Kelompok Tani Hutan Ngudi Rukun tentang Pemanfaatan Jasa Lingkungan Wisata Alam pada Hutan Lindung Blok Dodogan Wilayah Kerja Balai Taman Hutan Raya Bunder tanggal 23 Oktober 2020, lahan yang dimanfaatkan KTH Ngudi Rukun untuk kegiatan Jasa Lingkungan Wisata Alam adalah seluas 4 ha.




Rencana Kerja Usaha (RKU) menjadi dasar KTH Ngudi Rukun untuk menyulap Lembah Walet dengan luasan 1,5 ha menjadi tempat wisata yang cukup menjanjikan. Lembah Walet, terletak di Padukuhan Dodogan, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada di tepi jalan penghubung Kabupaten Gunungkidul – Bantul. Didukung suasana alam bernuansa hutan yang sejuk dan topografi yang unik, pengunjung yang nantinya akan bersinggah dapat melepas penat sambil menikmati keindahan alam berupa taman batu api serta latar belakang view Gunung Api Purba.




Sejauh ini, KTH Ngudi Rukun telah melakukan berbagai persiapan mulai dari pembersihan lahan bawah tegakan, pembuatan gazebo, dan sentra kuliner. Selanjutnya, KTH juga akan menyediakan gardu pandang, toilet, mushola, dan lahan parkir untuk menunjang fasilitas wisata.


-Richa Hardinar, S.Hut-