Berita

Pemeriksaan Kesehatan untuk Masyarakat Sekitar TPST Piyungan

Oct

24

Pemeriksaan Kesehatan untuk Masyarakat Sekitar TPST Piyungan

Pemeriksaan Kesehatan untuk Masyarakat Sekitar TPST Piyungan

Seperti kita ketahui, bahwa sampah mengandung berbagai bahan beracun seperti logam berat, insektisida, dan sebagainya, sehingga manusia yang kontak langsung dengan sampah dapat berisiko mengalami gangguan pencernaan kronik. Oleh karena itu, perlu berhati-hati terhadap sampah yang banyak dan menumpuk terutama pengangkut dan pemroses sampah yang memegang atau mengalami kontak langsung dengan sampah sebaiknya menggunakan alat pelindung diri (APD). Pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab pemerintah sebagai salah satu bentuk pelayanan publik, yaitu dengan membuat kebijakan dalam pengelolaan sampah.

Untuk mengetahui dampak kegiatan TPST terhadap kesehatan masyarakat sekitarnya, maka Balai Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerjasama dengan RSU Rajawali Citra, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para pemulung dan warga sekitar TPST Piyungan yang biasa melakukan aktifitas di sekitar lokasi pembuangan sampah.

Tempat pemeriksaan untuk tahap pertama ini ada 6 enam titik lokasi sekitar TPST Piyungan dengan target  seluruh pemulung dan masyarakat sekitar TPST. Pemeriksaan kesehatan meliputi, tensi darah, kolesterol, asam urat, gula darah, berat badan dan keluhan sakit yang derasakan para pemulung dan warga sekitar TPST. Dokter dan paramedic berasal dari RSU Rajawali Citra, yang beralamat Jl. Pleret KM 2.5 Banjardadap, Potorono, Banguntapan, Bantul.