Berita

Peringatan HUT RI Ke-75 #IndonesiaMaju #BanggaBuatanIndonesia

Aug

18

Peringatan HUT RI Ke-75 #IndonesiaMaju #BanggaBuatanIndonesia

Peringatan HUT RI Ke-75 #IndonesiaMaju #BanggaBuatanIndonesia

Dirgahayu Republik Indonesia!

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini terlihat berbeda. Meskipun tidak ada upacara di kantor seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh pegawai DLHK DIY merayakannya di rumah melalui streaming JITV. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada pukul 07.00.

Pada sambutannya, Gubernur DIY mengatakan bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk refleksi dan introspeksi sebagai ancangan kita mencapai “Indonesia Maju” dengan semangat “Bangga Buatan Indonesia.” Tema ini adalah representasi Pancasila, sekaligus simbolisasi Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan dan persatuan-persatuan.

Sesuai dengan sambutan dari Gubernur DIY dan tema tahun ini, kita bisa mengambil contoh untuk menjadi pahlawan tidak hanya dengan cara perang angkat senjata. Ikut andil dalam memutar roda perekonomian Indonesia juga merupakan cara untuk menjadi pahlawan. Kita bisa memulai dari yang terkecil, seperti berlangganan bahan pokok di warung tetangga dan membeli produk-produk UMKM lokal, termasuk menggunakan barang-barang kebutuhan yang diproduksi daerah kita sendiri. Sederhana memang, namun ini besar maknanya.

Bangga terhadap produk lokal Indonesia menunjukkan kecintaan kita kepada negeri ini. Dengan meningkatkan konsumsi produk lokal kita bisa membantu menumbuhkan ekonomi Indonesia yang tengah goyah akibat pandemi Covid-19. Selain itu, konsumsi produk lokal juga ramah lingkungan karena minim jejak karbon.

Jadilah pahlawan negeri dengan bangga buatan Indonesia.