Artikel

Pohon Berbunga Indah Indonesia: Angsana

Oct

26

Pohon Berbunga Indah Indonesia: Angsana

Pohon Berbunga Indah Indonesia: Angsana

Angsana atau sonokembang adalah sejenis pohon penghasil kayu kualitas tinggi dari suku Fabaceae. Angsana juga memiliki bunga yang sangat Indah yang berwarna kuning cerah sehingga dapat juga disebut sebagai salah satu jenis pohon berbunga indah Indonesia.

 

Klasifikasi Taksonomi

Kingdom        : Plantae

Divisi              : Magnoliophyta

Kelas              : Magnoliopsida

Ordo               : Fabales

Famili             : Fabaceae

Genus            : Pterocarpus

Spesies          : Pterocarpus indicus Willd. (1802)

 

Ciri-Ciri Morfologi

Angsana berhabitus pohon dan sering disebut pohon raksasa rimba karena tingginya dapat mencapai 40 m. Diameter dapat mencapai 3,5 m. Batang beralur dan berbonggol. Berbanir. Tajuk lebat berbentuk kubah dengan cabang-cabangnya merunduk ke tanah. Pepagan (kulit kayu) berwarna abu-abu kecoklatan, memecah atau serupa sisik halus, mengeluarkan getah bening berwarna kemerahan apabila dilukai.

Daun majemuk menyirip gasal. Panjang 12-30 cm. Anak daun berjumlah 5-13 berseling pada poros daun. Bentuk daun bundar telur hingga agak jorong. Ukuran 4-10 X 4-5 cm. Pangkal bundar dan ujung meruncing. Berwarna hijau terang, gundul dan tipis.

Bunga-bunga berkumpul dalam malai di ketiak. Panjangnya 9-15 cm. Bunga berkelamin ganda. Warna bunga kuning cerah. Berbau wangi semerbak. 

Buah polong bundar pipih, dikelilingi sayap tipis seperti kertas, tidak memecah ketika masak. Biji berjumlah 1-4 butir. 

 

Persebaran

Angsana menyukai hutan hujan tropis. Secara alami, pohon ini tersebar mulai dari Burma bagian selatan, melewati Asia Tenggara, kepulauan Nusantara, hingga ke Pasifik barat, termasuk Cina Selatan, kepulauan Ryuku dan kepulauan Solomon.

Di Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur, angsana dapat ditemukan di hutan-hutan dengan ketinggian sampai 500 m dpl. Di Kalimantan tumbuh liar di rawa-rawa pantai dan sepanjang sungai aliran pasang surut.

 

Pemanfaatan

Kayu angsana kuat, awet dan tahan terhadap cuaca. Warna dan motif serat kayunya indah kemerah-merahan. Angsana merupakan penghasil kayu dengan kualitas yang baik dan mahal harganya. Namun saat ini sudah langka. Angsana berstatus: Vulnerable/Rentan (IUCN Redlist)

 

Bunga angsana berwarna kuning cerah yang sangat indah, karena itu pohon angsana juga biasa dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh dan penghias tepi jalan. Namun, perlu berhati-hati memanfaatkan jenis tanaman ini sebagai tanaman peneduh. Pohon yang berasal dari perbanyakan stek pada umumnya berakar dangkal sehingga rapuh dan mudah tumbang dan patah apabila terkena angin.


Seksi Konservesi SDA - DLHK DIY

(Dari berbagai sumber)