Artikel

Pohon Berbunga Indah Indonesia: Flamboyan

Oct

24

Pohon Berbunga Indah Indonesia: Flamboyan

Pohon Berbunga Indah Indonesia: Flamboyan

Pada awal musim penghujan kita biasanya disuguhi pemandangan indah dari mekarnya bunga-bunga flamboyan yang ditanam sebagai perindang di tepi jalan.


Klasifikasi Taksonomi

Kingdom        : Plantae

Klas                : Tracheophyta

Ordo               : Fabales

Famili             : Fabales

Genus            : Delonix

Spesies          : Delonix regia

 

 

Ciri-Ciri Morfologi

Flamboyan berhabitus pohon besar dengan tahuk berbentuk payung. Ketinggian pohon dapat mencapai 15 meter atau lebih. 

Bunga flamboyan berukuran besar, dengan 4 kelopak merah tua atau oranye merah yang melebar hingga 8 cm. Bunganya berwarna merah atau orange cerah dan sangat indah saat mekar. Namun ada juga varietas flavida yang berbunga kuning yang sangat langka. Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan. Karena keindahannya, bunga flamboyant menginspirasi musikus Bimbo dengan lagunya yang berjudul "Bunga Flamboyan".

“Senja itu flamboyan berguguran,

Seorang dara memandang,

Terpukau…”

(Bimbo)

Daun majemuk (menyirip ganda) tampak berbulu dan bercirikan hijau terang. Setiap daun memiliki Panjang 30-50 cm dengan 20-40 pasang daun atau pinnae primer. Masing-masing dibagi menjadi 10-20 pasang daun atau pinnule sekunder. Butir serbuk sari memanjang, berukuran sekitar 52 mikron.

 

Persebaran:

Flamboyan merupakan flora asli dari Madagaskar yang sudah lama diintroduksi dan berkembang di Indonesia. Saat ini flamboyan telah diperkenalkan di thampir di semua wilayah tropis dan sub-tropis di seluruh dunia. Di alam, flamboyan termasuk terancam punah, namun telah dibudidayakan di tempat-tempat lain.

Untuk tumbuh, flamboyan membutuhkan iklim tropis atau sub-tropis. Tanaman ini dapat mentolerir kondisi kekeringan dan asin. Flamboyan menyukai tanah berpasir atau lempung yang terbuka yang kaya akan bahan organik.

 

Pemanfaatan:

Bunganya sangat indah saat bermekaran sehingga cocok ebagai tanaman penghias tepi jalan dan tajuknya melebar dengan dedaunan yang lebat sehingga cocok sebagai tanaman peneduh.


Seksi Konservesi SDA-DLHK DIY

(Dari berbagai sumber)