Berita

Uji Emisi Kendaraan Bermotor Press Release

Apr

17

Uji Emisi Kendaraan Bermotor Press Release

Uji Emisi Kendaraan Bermotor Press Release


Bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan raya tidak dipungkiri telah turut menyumbang pencemaran udara ambien khususnya yang berada di pinggir jalan raya di DIY. Hal tersebut tentunya perlu upaya dan antisipasi dari Pemerintah DIY. Sebagai salah satu upaya pengendalian kualitas udara ambien di jalan raya adalah dengan mengendalikan emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Untuk itu sebagai langkah persiapan dan antisipasi, sosialisasi, dan ketaatan terhadap Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Peraturan Gubernur Nomor 39 Tahun 2010 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Sumber Bergerak Kendaraan Bermotor, maka Pemerintah DIY melalui BLH akan melakukan uji petik emisi kendaraan bermotor.


Pelaksanaan uji petik emisi kendaraan bermotor tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2013 hingga tanggal 29 April 2013 di 5 lokasi di 5 kabupaten/kota di Wilayah DIY. Tujuan diselenggarakannya kegiatan uji petik emisi kendaraan bermotor ini adalah untuk mengetahui kondisi emisi Kendaraan Bermotor pribadi dari masyarakat berkaitan dengan baku mutu yang ada dan mengajak pengguna kendaraan bermotor untuk lebih peduli pada kualitas udara, khususnya kualitas emisi kendaraan bermotor demi mewujudkan perilaku masyarakat yang lebih sadar lingkungan dan mewujudkan kualitas udara yang sehat.


Pelaksanaan uji petik emisi kendaraan bermotor ini BLH DIY bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, Instansi Lingkungan Hidup di Kabupaten/Kota, Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa, dan Ditlantas POLDA DIY.
Adapun rencana lokasi pelaksanaan Uji Petik Emisi Kendaraan Bermotor sebagai berikut:


1. Depan Balai Kota Yogyakarta, Jl. Ipda Tut Harsono Yogyakarta (22 April 2013)
2. SMK N 2 Pengasih dan Alun-Alun Komplek Pemda Kulonprogo (23 April 2013)
3. Pasar Tlogorejo, Jl. Godean Sleman (24 April 2013)
4. Depan Pasar Seni Gabusan, Bantul (25 April 2013)
5. Kompleks Pemda Gunungkidul (29 April 2013)


Dengan diselenggarakannya kegiatan Uji Petik Emisi Kendaraan Bermotor ini kami mengharapkan adanya partisipasi dari masyarakat untuk mengikuti dan dengan sukarela datang mengujikan kualitas emisi kendaraan bermotornya karena tidak dipungut biaya/gratis dan tidak perlu takut karena kegiatan ini tidak berkaitan dengan pemeriksaan rutin kelengkapan Kendaraan Bermotor dan surat berkendara yang biasa dilaksanakan oleh Kepolisian. Untuk pengendara yang hasil uji emisi kendaraannya belum memenuhi persyaratan baku mutu emisi kendaraan bermotor, dihimbau untuk melakukan servis/pemeliharaan.


Kepala,


Ir. Joko Wuryantoro, M.Si.
NIP. 19580108 198603 1 011