Artikel

Ujicoba Wisata Air KTH Wana Tirta

Oct

02

Ujicoba Wisata Air KTH Wana Tirta

Ujicoba Wisata Air KTH Wana Tirta

Potensi alam Sungai Oyo yang berada di Desa Bunder, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul kini mulai dinikmati oleh wisatawan. Sungai yang mengalir sepanjang tahun tersebut sebelumnya  hanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat sebagai sumber air untuk kepentingan rumah tangga dan pengairan pertanian. Namun kini masyarakat sekitar yang tergabung dalam KTH Wana Tirta bersama Tahura Bunder melakukan ujicoba pemanfaatan Sungai Oyo untuk pengembangan potensi wisata air di kawasan Tahura Bunder. Lokasinya terletak di Jalan Jogja-Wonosari Km 30 tepatnya disebelah timur jembatan Sungai Oyo Bunder Patuk Gunungkidul. Terdapat beragam fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung disini salah satunya wahana permainan air.


Pada awal tahun 2020 KTH Wana Tirta telah melakukan persiapan dalam upaya pengembangan wisata air di bantaran Sungai Oyo. Salah satunya melakukan uji coba permainan wahana air seperti perahu bebek kayuh, perahu karet, tubing, perahu kayu untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin melakukan penyusuran Sungai Oyo. KTH Wana Tirta juga aktif melakukan latihan agar menguasai medan jalur wisata serta siap melakukan pendampingan wisatawan mengingat wisata air ini perlu adanya latihan khusus. Selain itu pengoperasian wahana permainan air juga perlu mempertimbangkan tinggi muka air di Sungai Oyo sendiri.


Menariknya, pada beberapa waktu yang lalu KTH Wana Tirta dan perangkat Desa Bunder menggelar upacara kemerdekaan HUT RI ke-75 di Sungai Oyo. Meski dilakukan di tengah sungai, upacara berlangsung khidmat dan tentu saja tetap memperhatikan protokol kesehatan. Upacara kemerdekaan kali ini cukup menarik perhatian masyarakat yang antusias dalam mengikuti jalannya upacara meski dari tepian sungai. Upacara tersebut selain untuk memperingati hari kemerdekaan juga diharapkan dapat sebagai sarana promosi agar wahana permainan air KTH Wana Tirta lebih dikenal masyarakat luas.